Thursday, December 26, 2019

Rahasia Air Putih

Rahasia Air Putih
Seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan / air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Air putih merupakan salah satu pilihan  untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tersebut. Banyak minuman yang segar dan enak, tapi yang paling sehat adalah air putih.

Minum air putih adalah hal biasa yang kita lakukan sehari – hari. Sudahkah kebutuhan tubuh tercukupi ? Sudah tepatkah kebiasaan yang kita lakukan ?

Jumlah minimal air putih yang harus dikonsumsi setiap hari adalah 8 – 10 gelas ukuran 200 ml dan kita bisa menambahkan jumlahnya sesuai kebutuhan masing – masing.

Manfaat minum air putih secara teratur :
1. Melarutkan makanan
Minum air putih dapat memperlancar proses pencernaan makanan sehingga terhindar dari gangguan pencernaan.
2. Membersihkan racun dari tubuh
Sumber utama penyakit di tubuh kita bukan dari bakteri, melainkan toksin / racun yang berasal dari sisa makanan yang menempel pada dinding usus dan tidak bisa keluar secara sempurna. Minum air di pagi hari  akan mengeluarkan racun secara sempurna.
3. Mencegah radang sendi dan nyeri punggung
Salah satu penyebab radang sendi dan nyeri punggung adalah duduk di kursi terlalalu lama. Minum air putih dengan cukup akan menjadi pelumas sehingga terhindar dari hai tersebut.
4. Menghaluskan kulit dan mengurangi efek penuaan
Air akan melembabkan tubuh, membersihkan racun dalam darah, melancarkan aliran  nutrisi  sehingga dapat memperbaharui jaringan kulit dan mengganti sel – sel yang rusak. Kulit menjadi halus dan lentur yang nantinya akan menunda tanda – tanda penuaan seperti keriput dan garis – garis halus.
5. Menurunkan berat badan
Air putih merupakan minuman tanpa kalori sehingga minum air putih lebih banyak bisa membantu pembakaran lemak dan mengurangi kalori yang masuk tubuh. Minum air putih sebelum makan membuat perut kenyang sehingga mengurangi nafsu makan berlebihan ( mengurangi camilan ). Mengurangi konsumsi kalori tiap hari dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Setelah minum air putih di pagi hari usahakan jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.
6. Mengurangi stress

Di dalam otak terdapat hormone stres. Apabila tubuh kekurangan asupan air putih maka hormone ini akan meningkat dan memicu terjadinya stres. Jika kita tidak memenuhi kebutuhan cairan maka tubuh merasa stres. Kasus stres yang kita alami bukan karena adanya tekanan berat melainkan tubuh kekurangan cairan. Jika tubuh tidak kekurangan air, walaupun diterpa situasi buruk tidak akan menimbulkan stress. Mengkonsumsi air putih dengan benar akan mengurangi stress.

Waktu terbaik untuk memenuhi kebutuhan air putih adalah pagi hari setelah kita bangun tidur sebelum mandi dan gosok gigi. Karena pagi hari tubuh terbangun dari istirahat dan proses pemulihan semalaman. Pada malam hari terjadi proses detox ( pembuangan racun ) pada berbagai organ tubuh manusia. Saat kita minum air putih di pagi hari dalam keadaan perut kosong, maka racun – racun akan lebih cepat keluar. Racun keluar melalui air seni, feses, dan keringat.

Pada saat minum air putih kita harus duduk. Mengapa ?

Di dalam tubuh manusia terdapat klep penyaring yang bisa membuka dan menutup. Apabila kita duduk klep tersebut akan membuka sehingga air putih yang kita minum akan disalurkan pada pos – pos penyaringan yang berada di ginjal. Tapi jika kita berdiri klep penyaring itu menutup sehingga air putih yang kita minum akan terus meluncur menuju kandung kemih tanpa ada proses penyaringan. Tanpa penyaringan racun dan limbah ikut masuk ke kandung kemih sehingga menimbulkan pengkristalan pada ginjal.

Kebiasaan minum air putih yang salah akan mengganggu sistem pencernaan, seperti :
Pada saat kita makan makanan terutama makanan yang berat sebaiknya tidak disela dengan minum air karena akan menghambat proses pencernaan makanan. Ketika tubuh menerima makanan, sistem pencernaan otomatis melepaskan cairan pencernaan. Jika kita minum air akan menipiskan cairan pencernaan tersebut sehingga proses pencernaan terhambat. Kebiasaan ini juga dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah serta membuat tubuh cepat menimbun lemak. Jika minum hanya sedikit mungkin tak masalah, tapi kalau segelas lebih akan bermasalah. Lebih baik minum air dua jam sebelum atau sesudah makan.

Semoga berbagi info tentang air putih ini bermanfat bagi kita. Amiiin.

No comments:

Post a Comment

Telur Asin

Alat / Bahan yang diperlukan : Telur dengan kualitas terbaik Abu gosok. Bubuk bata merah Lumpur Garam dapur Air bersih secu...